Minggu, 26 April 2020

RPP PEBELAJARAN KELAS XI

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Sekolah                           : MA NU IBTIDAUL FALAH
Mata pelajaran                : BAHASA ARAB
Kelas/Semester               : XI / Ganjil
Materi Pokok                  : أمال المراهقين
Alokasi Waktu                : 4 x 2 Jam Pelajaran


A.       Kompetensi Inti (KI)
KI 1:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, tehnologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B.                Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi:

NO.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.1
Mengidentifikasi bunyi, makna kalimat, gagasan, unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya bahasa Arab yang berkaitan dengan topik:
                         آمَالُ الْمُرَاهِقِيْن وَالصِّحَّة
baik secara lisan maupun tertulis

3.1.1           Mengidentifikasi bunyi kata, frase atau kalimat yang didengar  berkaitan dengan topik امال المراهقين والصححة
3.1.2   Menjelaskan isi teks yang didengar yang berkaitan:  والصححة آمال المراهقين
3.1.3   Melafalkan bunyi huruf, kata, frasa, dan kalimat dengan intonasi yang tepat tentang : امال المراهقين والصححة   
3.1.4    Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana  tentangn امال المراهقين والصححة
3.1.5    Membaca wacana/teks sederhana dengan intonasi yang tepat sesuai konteks امال المراهقين والصححة
  3.1.6   Mengungkapkan kembali isi bacaan berkaitan dengan topik   امال المراهقين والصححة

3.1.7   Mengidentifikasi struktur kalimat
  أن + فعل  المضارع         yang terdapat dalam teks atau wacana
3.1.8        Menentukan strutur kalimat  الفاعل والمفعول terkait topik امال المراهقين والصححة
4.1
Mengungkapkan dialog, informasi lisan atau tulisan, merespon berita sederhana terkait topik :
امال المراهقين والصححةdengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks
4.1.1  Menyusun teks tulis yang terkait topik: آمال المراهقين
4.1.2  Mendemontrasikan secara berpasangan  tntang dialog yang  berkaitan dengan topik  المراهقين امل  والصححة
4.1.2  Membaca tek bacaan yang  berkaitan dengan topik  المراهقين امل  والصححة sesuai dengan tata bahasa Arab yang benar
4.1.4  Munulis kalimat sederhana sesuai dengan struktur kalimat الْمُضَارِع  أن + والفعلdan susunan yang mengandung susunan kalimat الفاعل والمفعول

C.                 Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Melalui metode pembelajaran Sam’iyyah syafawiyyah, peserta didik diharapkan mampu:
1.    Mengidentifikasi bunyi kata, frase atau kalimat yang didengar  berkaitan dengan topik امال المراهقين والصححة
2.    Menjelaskan isi teks yang didengar yang berkaitan:  والصححة آمال المراهقين
3.    Menyusun teks tulis yang terkait topik: امال المراهقين والصححة

Pertemuan Kedua
Melalui metode Tanya jawab, peserta didik diharapkan mampu:
1.    Melafalkan kalimat dalam teks dialog terkait topik   امال المراهقين والصححة.
2.    Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana  tentangn امال المراهقين والصححة
3.    Mendemontrasikan secara berpasangan  tntang dialog yang  berkaitan dengan topik  المراهقين امل  والصححة

Pertemuan Ketiga:
Melalui model pembelajaran Card Sort, peserta didik diharapkan mampu:
1.    Membaca wacana/teks sederhana dengan intonasi yang tepat sesuai konteks امال المراهقين والصححة
2.    Mengungkapkan kembali isi bacaan berkaitan dengan topik   امال المراهقين والصححة
3.    Membaca tek bacaan yang  berkaitan dengan topik والصححة المراهقين امل  sesuai dengan tata bahasa Arab yang benar

Pertemua Keempat
Melalui metode Qowaid Wa Tarjamah dan strategi pembelajaran activ learning, peserta didik diharapkan mampu:
1.    Mengidentifikasi struktur kalimat  أن + فعل  المضارع yang terdapat dalam teks atau wacana
2.    Menentukan strutur kalimat  الفاعل والمفعول terkait topik امال المراهقين والصححة
3.    Munulis kalimat sederhana sesuai dengan struktur kalimat الْمُضَارِع  أن + والفعلdan susunan yang mengandung susunan kalimat الفاعل والمفعول

D.                Materi Pembelajaran
أ‌.      آمَالُ الْمُرَاهِقِيْنَ الرَضِيْع، الطِفْل، المرُاهِق، الرَاشِد المسُنِّ، مَرْحَلَة الرَّضَاعَة، مَرْحَلَة الطُّفُوْلَة، مَرْحَلَةُ المرُاهَقَةِ، مُسْتَقْبَل الحَيَاةِ ، الرَّاحَة وَالعَمَل، الدِّرَاسَة وَالرِّيَاضَة، طُوْلُ السَهْر، جِسْم، عَقْل ج عُقُوْل، أَمَل ج آمَال، عِمَارَة ج   عِمَارَات
ب‌.   الصِحة الغِذَاء الجَيِّد، المَوَادِّ الضَّرُوْرِيَّة، حَدِيْد، البَرُوْتِيْنَات، فِيْتَامِيْنَات، رِيَاضَةُ النَفْسِ، نَوَافِل الصَّلَوَات، تِلاَوَة الْذَكَارِ،الرَّاحَة الكَافِيَة، ضَرُوْرِيِّ، الطَّاقَة، العَضَلاَت،الجَرْي، السِّبَاحَة، أَوْقَات مُنَاسَبَة، العَادَاتالمفُيْدَة

E.                 Pendekatan, model dan Metode Pembelajaran:
1.      Pendekatan pembelajaran   : Scientific
2.      Model Pembelajaran           : Activ Learning
3.      Metode Pembelajaran         : Diskusi, Drill, tanya jawab, dan Sam’iyyah syafawiyyah
F.                  Media, Alat, dan Bahan Pembelajaran :
1.    Media                                  : LCD Projektor
2.    Alat                                     : White Board
3.    Bahan Pembelajaran             : Buku Bahasa Arab Kelas XI MA Kurikulum 2013

G.                Sumber Belajar
1. H. D. Hidayat, Fuad Thahari, Kementrian Agama, Bahasa Arab MA,  Jakarta, 2014
2. LKS  Al-Hikmah

H.                Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Pertemuan ke-1
No.
Kegiatan
Waktu
1.       
Pendahuluan
ü  Membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama
ü  Melakukan kontrol keadaan siswa dengan melaksanakan presensi siswa
ü  Menjelaskan tujuan pembelajaran
ü  Apersepsi: Guru menanyakan pelajaran yang kemarin kemudian mengaitkannya dengan pelajaran yang sekarang.
10 Menit
2.       
Kegiatan Inti
Mengamati
ü  Mengamati tayangan slide tentang امال المراهقين والصححة dan menirukan pelafalan dan intonasinya
ü  Menyimak penjelasan guru tentang امال المراهقين والصححة yang terdapat dalam hiwar/teks lisan
Menanya
ü  Melakukan tanya jawab sederhana dalam wacana secara tertulis /lisan tentang امال المراهقين والصححة
ü Melakukan tanya jawab tentang امال المراهقين والصححة
Eksplorasi/ Eksperimen
ü  Merangkaikan huruf-huruf hijaiyah menjadi kata sesuai dg kaidah.
ü  Menyusun huruf, kata, dan kalimat sederhana sesuai konteks.
ü  Melakukan permainan tentang امال المراهقين والصححة
Mengasosiasi
ü  Menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/topik.
ü  Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan.
Mengkomunikasikan
ü  Menyampaikan isi wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan.
ü  Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat.
65 Menit
3.       
Penutup
ü  Guru bersama  peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran
ü  Bersama dengan peserta didik, guru melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
ü  Guru memberikan tugas mandiri sebagai bahan evaluasi tiap individu
ü  Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdo’a dan salam.
15 Menit

Pertemuan ke-2
No.
Kegiatan
Waktu
1.       
Pendahuluan
ü  Membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama
ü  Melakukan kontrol keadaan siswa dengan melaksanakan presensi siswa
ü  Apersepsi: Guru menanyakan pelajaran yang kemarin kemudian mengaitkannya dengan pelajaran yang sekarang.
10 Menit
2.       
Kegiatan Inti 

Mengamati
ü  Mengamati tayangan slide dialog tentang امال المراهقين والصححة dan menirukan pelafalan dan intonasinya
ü  Menyimak penjelasan guru tentang امال المراهقين والصححة yang terdapat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
Menanya
ü  Melakukan tanya jawab sederhana dalam wacana secara tertulis /lisan tentang امال المراهقين والصححة
ü  Melakukan tanya jawab tentang امال المراهقين والصححة yang didalamnya terdapat الْمُضَارِع  أن + والفعل
Eksplorasi/ Eksperimen
ü  Menyusun huruf, kata, dan kalimat sederhana sesuai konteks.
ü  Menentukan الْمُضَارِع  أن + والفعلdalam kalimat.
ü  Melakukan dialog tentang امال المراهقين والصححة
Mengasosiasi
ü  Membandingkan ciri-ciri dan perbedaan الْمُضَارِع  أن + والفعل
ü  Menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/topik.
ü  Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan.
Mengkomunikasikan
ü  Menyampaikan isi wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan.
ü  Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat sederhana.
65 Menit
3.       
Penutup
ü  Guru bersama  peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran
ü  Bersama dengan peserta didik, guru melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
ü  Guru memberikan tugas mandiri sebagai bahan evaluasi tiap individu
ü  Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdo’a dan salam.
15 Menit

Pertemuan ke-3
No.
Kegiatan
Waktu
1
Pendahuluan
ü  Membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama
ü  Melakukan kontrol keadaan siswa dengan melaksanakan presensi siswa
ü  Menjelaskan tujuan pembelajaran

ü  Apersepsi: Guru menanyakan pelajaran yang kemarin kemudian mengaitkannya dengan pelajaran yang sekarang.
10 Menit
2
Kegiatan Inti
·        Mengamati
ü  Membaca wacana sederhana tentang امال المراهقين والصححة dengan pelafalan dan intonasi yang tepat
ü  Membaca kaidah tentang الْمُضَارِع  أن + والفعل
ü  Memperhatikan struktur kalimat yang terdapat  الْمُضَارِع  أن + والفعل dalam wacana/teks bacaan
·        Menanya
ü  Melakukan tanya jawab sederhana dari teks bacaan tentang امال المراهقين والصححة Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana sesuai tema/topik
ü  Melakukan tanya jawab tentang امال المراهقين والصححة yang didalamnya terdapat الْمُضَارِع  أن + والفعل
·        Eksplorasi/ Eksperimen
ü  Menentukan isi wacana lisan maupun tulisan secara perorangan maupun berkelompok
ü  Mengumpulkan kata yang terdapat الْمُضَارِع  أن + والفعل dari teks bacaan
ü  Melakukan game education dalam teks bacaan tentang امال المراهقين والصححة
·        Mengasosiasi
ü  Membandingkan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri dalam bahasa Arab
ü  Menemukan makna kata dalam teks bacaan sesuai tema/topik.
ü  Menyimpulkan isi wacana lisan/tulisan sesuai topik  .
·        Mengkomunikasikan
ü  Menjelaskan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri dalam bahasa Arab
ü  Menjelaskan isi wacana yang dipertanyakan yg berkaitan dg tema
ü  Menyampaikan isi wacana/teks sesuai tema/topik
65 Menit
3
Penutup
ü  Guru bersama  peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran
ü  Bersama dengan peserta didik, guru melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
ü  Guru memberikan tugas mandiri sebagai bahan evaluasi tiap individu
ü  Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdo’a dan salam.
15 Menit

Pertemuan ke-4
No.
Kegiatan
Waktu
1
Pendahuluan
ü  Membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama
ü  Melakukan kontrol keadaan siswa dengan melaksanakan presensi siswa
ü  Menjelaskan tujuan pembelajaran
ü  Apersepsi: Guru menanyakan pelajaran yang kemarin kemudian mengaitkannya dengan pelajaran yang sekarang.
10 Menit
2
Kegiatan Inti
·        Mengamati
ü  Mencocokkan gambar dan menulis keadaan gambar tersebut yang berkaitan dengan tema
ü  Memperhatikan penjelasan guru tentang الْمُضَارِع  أن + والفعل yang terdapat dalam teks/wacana

·        Menanya
ü  Melakukan tanya jawab sederhana tentang keadaan/deskripsi sesuatu secara tertulis tentang امال المراهقين والصححة
ü  Menceritakan keadaan /kegiatan yang tampak pada gambar sesuai wacana secara tertulis sesuai tema/topik
ü  Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis
ü  Melakukan tanya jawab tentang امال المراهقين والصححة yang didalamnya terdapat الْمُضَارِع  أن + والفعل

·        Eksplorasi/ Eksperimen
ü  Mencoba menulis cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri dalam bahasa Arab dengan intonasi yang benar
ü  Menuliskan kata menjadi kalimat sederhana sesuai dengan konteks dan kaidah yang benar.
ü  Menuliskan susunan kalimat sederhana yang didalamnya ada unsur  الْمُضَارِع  أن + والفعل
ü  Melakukan game education dalam menulis tentang امال المراهقين والصححة

·        Mengasosiasi
ü  Menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/topik.
ü  Menyimpulkan isi wacana yang dituliskan berdasarkan teks wacana 

·        Mengkomunikasikan
ü  Menjelaskan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri dalam bahasa Arab
ü  Menyampaikan isi wacana lisan sesuai tema/topik secara tertulis
ü  Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat dan paragraf sederhana.

65 Menit
3
Penutup
ü  Guru bersama  peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran
ü  Bersama dengan peserta didik, guru melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
ü  Guru memberikan tugas mandiri sebagai bahan evaluasi tiap individu
ü  Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdo’a dan salam.

15 Menit


I.                   Penilaian
No
Aspek
Teknik
Bentuk Instrumen
1
Sikap
·      Jurnal
·      catatan
2
Pengetahuan
·      tes tertulis
·      penugasan

·      soal uraian
·      tugas terstruktur
·      tugas mandiri tidak terstruktur
3
Ketrampilan
·      Penilaian diskusi
·      Penilaian praktik
·      Penilaian portofolio
·      format penilaian
·      format penilaian
·      format penilaian

J.      Lampiran-lampiran :

1. Lampiran 1 : Materi Pembelajaran امال المراهقين والصححة

2. Lampiran 2 : Lembar Kerja Peserta Didik

3. Lampiran 3 : Instrumen Penilaian

.



                                                                        Kudus,  07   Juli  2020
Kepala Madrasah,                                                    Guru Mata Pelajaran,




Drs. HM. Saifuddin Zuhri, M.Pd                                Muh Bahauddin Jamil
NIP.                                                                          





Tidak ada komentar:

VIDIO PEBELAJARAN PBA